Visi dan Misi

  1. Pernyataan Visi

Visi merupakan cara pandang jauh kedepan tentang kemana dan bagaimana instansi  pemerintah harus dibawa dan berkarya agar tetap konsisten dan dapat eksis, antisipatif, inovatif dan produktif. Visi merupakan suatu gambaran yang menantang tentang keadaan masa depan berisikan cita dan citra yang ingin diwujudkan oleh instansi pemerintah.

Dalam mengantisipasi tantangan kedepan menuju kondisi yang diinginkan, Dinas Perhubungan Kota Pontianak secara terus menerus mengembangkan peluang dan inovasi agar tetap eksis dan unggul dengan senantiasa mengupayakan perubahan ke arah perbaikan. Perubahan tersebut harus disusun dalam tahapan yang terencana, konsisten dan berkelanjutan sehingga dapat meningkatkan akuntabilitas kinerja yang berorientasi pada pencapaian hasil (outcomes).

Adapun perumusan Visi Dinas Perhubungan Kota Pontianak Tahun 2015-2019 adalah sebagai berikut :

TRANSPORTASI KOTA PONTIANAK YANG DISIPLIN, TERTIB, AMAN, DAN LANCAR

2.             Pernyataan Misi

Misi merupakan sesuatu yang harus diemban atau dilaksanakan instansi pemerintah, sesuai visi yang telah ditetapkan  agar tujuan organisasi dapat terlaksana dan berhasil dengan baik.

Berkaitan dengan hal tersebut, maka Dinas Perhubungan Kota Pontianak memiliki misi:

  1. Meningkatkan pelayanan administrasi, akuntabilitas kinerja dan keuangan serta profesionalisme sumber daya aparatur
  2. Meningkatkan pelayanan dan penataan sarana dan prasarana perubahan untuk menciptakan keamanan, ketertiban, dan kelancaran lalu lintas darat dan sungai.

Dari ke 2 (dua) Misi yang ditetapkan di atas, secara jelas dapat dilihat dari uraian berikut ini :

MISI ke 1      :    “Meningkatkan Pelayanan Administrasi, Akuntabilitas Kinerja Dan Keuangan Serta Profesionalisme Sumber Daya Aparatur”.

Misi ini ditetapkan dalam upaya untuk Mewujudkan organisasi yang efisien, tata laksana yang efektif, menciptakan Profesionalisme birokrasi serta Sumber Daya Aparatur yang profesional, handal, dan memiliki wawasan pengetahuan, keterampilan, moral dan disiplin dalam melaksanakan tugas-tugas kedinasan dalam rangka meningkatkan pelayanan prima dan mewujudkan tata pemerintahan yang baik.

MISI ke 2      :    Meningkatkan Pelayanan dan Penataan Sarana dan Prasarana Perhubungan untuk menciptakan Keamanan, Ketertiban dan Kelancaran Lalu Lintas Darat dan Sungai”.

Misi ini ditetapkan dalam upaya untuk menjadikan Transportasi di Kota Pontianak lebih disiplin, tertib, aman dan lancar melalui peningkatan pelayanan, pengendalian dan pengawasan melalui penataan dan peningkatan fasilitas sarana dan prasaranan perhubungan darat dan sungai yang memadai sesuai kebutuhan.

  1. Tujuan

Tujuan merupakan implementasi/penjabaran dari misi dan merupakan sesuatu yang akan dicapai dan menghasilkan apa, dalam kurun waktu tertentu 1 (satu) sampai 5 (lima) tahun kedepan.

Adapun rumusan tujuan di dalam Perencanaan Strategis Dinas Perhubungan Kota Pontianak Tahun 2017 – 2019 adalah :

  • Meningkatkan Kapasitas dan Akuntabilitas Kinerja dan Keuangan Perangkat Daerah.
  • Mewujudkan Kualitas Transportasi Kota Pontianak.
  1. Sasaran

Sasaran adalah penjabaran tujuan secara terukur, yaitu sesuatu yang akan dicapai/dihasilkan secara nyata oleh Dinas Perhubungan Kota Pontianak dalam jangka waktu tahunan, sampai lima tahun mendatang. Sasaran di dalam Rencana Strategis Dinas Perhubungan Kota Pontianak Tahun 2017 – 2019 adalah:

  • Peningkatan Akuntabilitas dan Kinerja Aparatur.
  • Terwujudnya Peningkatan Kualitas Pelayanan Publik.
  • Terwujudnya Kinerja Lalu Lintas Angkutan Jalan Kota Pontianak
  • Terwujudnya Kinerja Pelayanan Angkutan Sungai dan Penyeberangan
'